Halaman

Sabtu, 29 Desember 2012

PLN selalu menjadi “KAMBING HITAM” ketika Listrik Padam


Saat mati lampu/listrik padam, pasti masyarakat selalu mengomel-ngomel kepada PLN. Mungkin hal seperti itu sudah biasa pada pola pikir masyarakat di zaman demokratis ini, semua masyarakat dapat mengutarakan pendapatnya. Setiap perusahaan pasti pernah mendapatkan kritikan yang begitu tajam dari pelanggannya, akan tetapi hal tersebut merupakan suatu koreksi untuk melayani lebih baik lagi.
Tapi, apakah ketika Listrik Padam hanya PLN yang bertanggungjawab? Dari tulisan saya ini, mungkin dapat membantu menjelaskan kenapa sih bisa terjadi Listrik Padam?
Listrik Padam itu bukan kehendaknya dari PLN, tetapi karena gangguan-gangguan yang mengakibatkan gagalnya energy listrik tersalurkan hingga ke rumah-rumah. Dibawah ini merupakan Flowchart Gambaran Umum tentang Penyebab Listrik Padam.
Flowchart tentang Penyebab Listrik Padam

Daerah yang terkena pemadaman listrik dapat dibedakan menjadi 2 :
1.      Listrik Padam di Banyak Rumah
2.      Listrik Padam di Satu Rumah

Untuk Listrik Padam di Banyak Rumah terjadi akibat dari Gangguan Eksternal dan Gangguan Internal.
Pada gangguan ekternal ada 4 penyebab :
1.      Pohon menyentuh kawat jaringan PLN (JTM)
2.      Bencana Alam, biasanya terjadi karena petir menyambar ke jaringan PLN
3.      Binatang menyentuh kawat jaringan PLN (JTM)
4.      Benang layang-layang menyentuh kawat jaringan PLN (JTM)
yang sering terjadi khususnya di Wilayah Babel adalah sambaran petir karena Babel merupakan daerah jalur petir. Akan tetapi PLN secara perlahan memberi proteksi antipetir di seluruh jaringan PLN yang terletak di jalur petir untuk mengurangi gangguan tersebut. Dan gangguan yang sering terjadi adalah pohon yang menyentuh Kawat PLN (JTM), oleh karena itu dibutuhkan kesadaran dari masyarakat apabila Tim PLN sedang memotong pohon mohon diberi izin, karena semua ini demi keberlangsungan suplai listrik.

Pada gangguan internal ada 4 penyebab :
1.      Suplai dari Pembangkit Listrik terhenti/blackout
2.      Komponen jaringan mengalami penuaan, sehingga isolasinya melemah
3.      Gardu Trafo, biasanya terjadi karena overload dan minyak bocor
4.  Tiang Listrik, biasanya terjadi karena tiang roboh akibat bencana alam atau tertabrak kendaraan.


Untuk Listrik Padam di Satu Rumah biasanya sering terjadi akibat MCB Jatuh (yang terdapat di kWh meter PLN). Kenapa hal itu bisa terjadi? Ada 2 kemungkinan, Pertama akibat konsleting listrik, karena ada kesalahan saat instalasi kabel2 listrik di dalam rumah (kabelnya terlalu kecil dll), maka dari itu saat membangun rumah, usahakan yang mengerjakan instalasi listrik adalah orang-orang yang ahli (bukan kewajiban PLN).
Kemungkinan Kedua adalah Kelebihan Beban, maksudnya adalah misalnya Daya kWhmeter Anda hanya 1300VA tetapi Anda memakai peralatan listrik melebihi dari 1300VA maka secara otomatis MCB akan jatuh. Untuk menormalkannya kembali, sebaiknya Anda mematikan peralatan yang memakan listrik besar terlebih dahulu dan kemudian dicoba untuk dinaikkan MCB nya. Agar tidak terjadi lagi MCB jatuh, sebaiknya lakukan tambah Daya dari 1300VA menjadi 2200VA.

Dengan tulisan diatas ini diharapkan masyarakat mengerti akibat listrik padam, dan masyarakat dimohon partisipasinya apabila mengalami listrik padam segera hubungi call center PLN (kode area + 123) atau twitter @pln_123, petugas PLN akan segera memperbaiki gangguan tersebut.


Sebagai informasi tambahan, berita heboh belakangan ini mengenai matinya radar di dua bandara internasional Soetta Jakarta (16 Des 2012) dan Adisucipto Jogja (26 Des 2012), Apakah listrik padam tersebut merupakan kesalahan dari PLN????
Mari kita klarifikasi lebih dalam di dalam tulisan blog ini:
Bandara Soetta Jakarta 16 Des 2012
Padamnya listrik yang mengakibatkan tak berfungsinya radar bukan kesalahan PLN. Melainkan disebabkan karena kerusakan Uninterruptible Power Supply (UPS). Hasil investigas KNKT bahwa komponen kapasitor di UPS 1 terbakar, kapasitor tersebut berfungsi sebagai snubber filter dan membuat saklar otomatis ke UPS 2 tidak berfungsi. Pada saat kejadian radar mati, suplai listrik PLN ke Area Bandara Soetta dalam kondisi normal.

Bandara Adisucipto Jogja 26 Des 2012
Berbeda dengan Bandara Soetta radar mati karena kerusakan dari UPS, di Bandara Adisucipto matinya radar disebabkan trip pada instalasi listrik Bandara itu sendiri. (Perlu diingat instalasi didalam rumah/gedung/bangunan merupakan tanggung jawab dari pemilik bangunan, tanggung jawab PLN adalah dari kWhmeter ke Tiang Listrik). Seharusnya ketika trip pada instalasi listrik diambil alih oleh power backup, namun pada saat itu kondisi power backup sedang dalam diperbaiki sehingga power backup tidak mampu mengambil alih pasokan listrik. Akibatnya, radar melakukan restarting dengan menggunakan pasokan listrik PLN.

Sebagai informasi, Bandara merupakan tempat yang vital, oleh karena itu aliran listrik ke Bandara disuplai dari beberapa Penyulang dan Gardu Induk yang berbeda, sehingga dapat dipastikan pasokan listrik PLN ke Bandara sangat handal.

Dari kasus matinya radar di 2 Bandara dapat ditarik kesimpulan bahwa Suplai Listrik PLN terhenti atau listrik padam merupakan tidak sepenuhnya kesalahan dari PLN, melainkan tergantung juga dari sistem instalasi rumah/gedung/bangunan, untuk itu dimohon kepada masyarakat agar memahami batasan tanggungjawab antara PLN dan Pelanggan/Pemilik Bangunan






16 komentar:

  1. huhuhu, lengkap banget, bahan tulisan utk blogku apa donk? kalau semuanya diborong de dimas, huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat om..
      Demi masyarakat agar bahasan ttg listrik padam tidak tabu.. :)

      Hapus
    2. Kambing hitamnya udah banyak di potong waktu qurban kemarin

      semangat terus mas bro..
      ciayooo...

      Hapus
  2. huhhh...Like this Dimas, Lengkap sudah :)
    Pertahankan Dim, goodluck :)

    BalasHapus
  3. listrik memang menjadi hal yang krusial dalam sektor kehidupan kita,sehingga dengan padamnya listrik sangat mengganggu kegiatan. kebanyakan masyarakat pun jadinya menyalahkan satu pihak yaitu pln, tanpa mengerti penyabab dibalik padamnya listrik itu kenapa. menurut saya dengan membaca blog anda yg disajikan dengan bahasa yg mudah dimengerti, membuat saya mengetahui faktor-faktor penyebab padamnya listrik ini kenapa. Blog yang sgt informatif, thx for the info gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih.
      Akhirnya tujuan dr blog ini tersampaikan oleh pengguna media sosial, saya berharap semua orang "harus melek" informasi sperti Ibu Gesha ini. Agar masyarakat tidak hanya menikmati pelayanan listrik dari kami, melainkan turut membantu kami demi kelancaran suplai listrik ke rumah-rumah.
      Jika Ibu Gesha melihat atau merasakan pemadaman listrik, kami mhon segera melapor ke call center kami (kode area + 123) atau via twitter @pln_123

      Hapus
    2. iya sama-sama pa dimas,memang untuk menjalankan misi visi itu butuh kerjasama dari segala pihak. By united we stand, by divided we fall. Pasti pa dimas, nanti saya akan menghubungi kontak yg tertera di atas. ditunggu inovasi dan ide2 cemerlang dari anak bangsa seperti anda :)

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. dulu saya selalu nyalahin pln kalo ada mati listrik di rumah, tapi setelah kuliah jadi tahu gimana yang sebenernya terjadi dan penyebabnya, tulisan ini kayaknya udah lebih dari cukup buat orang2 yang masih suka nyalahin pln kalo kena pemadaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog ini sebagai media mencari ilmu secara singkat bagi masyarakat yg masih awam dalam hal kelistrikan :)

      Sepertinya Mas Desta lebih paham mengenai kelistrikan, silakan di share mas ilmunya di media sosial :)

      Hapus
  6. tulisannya anak teknik banget :)

    BalasHapus
  7. Wahh artikel yang kamu tulis sangat bagus sekali gan. lengkap dengan data yang ada mungkin ini perlu sekali di sosialisasikan ke rumah rumah gan. karna klu hanya lewat internet masyarakat blm mengetahui penggunaannya. makasih yaa. sukses selalu penulisan lainnya. syy tunggu artikel lainnya yaaa. salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih.
      Mungkin mulai dari Anda dan sekitar Anda bisa di sharing tentang ini :)

      Hapus
  8. betul banget mas,di babel paling sering gangguan JTM indikasi GFR&arus lebih.terus ada sebagian wilayah ada voltase drop.oya mas,kalo jadwal padam di tempat petinggi PLN gak pernah ada jadwal pemadaman,apa karna di seputaran bandara itu kali ya mas?tiap kali ada gangguan penyulang yantek kerepotan utk melakukan penormalan di tiap" motorise&recroser,maklum la mas gak bisa sekada karna dah rusak.jadi gangguan rumah pelanggan tidak bisa respon time.trimakasih

    BalasHapus

Silakan masukan komentar Anda...